• Rabu, 7 Desember 2022

WASPADA! BMKG Prediksi Akan Terjadi Potensi Bencana Tsunami 34 Meter Akibat Gempa Megathrust di Indonesia

- Kamis, 24 November 2022 | 18:31 WIB
BMKG Prediksi akan terjadi tsunami setinggi 34 meter dan gempa megathrust di Indonesia  (Ilustrasi/ Tata Ruang Nasional )
BMKG Prediksi akan terjadi tsunami setinggi 34 meter dan gempa megathrust di Indonesia (Ilustrasi/ Tata Ruang Nasional )

Rajawalinews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama sejumlah peneliti melaporkan akan ada potensi bencana tsunami setinggi 34 meter akibat gempa megathrust 8,9 magnitudo (M) di Indonesia.

Potensi bencana tsunami setinggi 34 meter diperkirakan akan terjadi di wilayah selatan Pulau Jawa dan barat daya pulau Sumatera.

Baca Juga: Simak Kisah Pilu Fransiska Ncis, Wanita Cantik Berhati Mulia yang Dijuluki Pahlawan Kemanusiaan

Ketinggian bencana tsunami jelas melebihi bencana tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam yang hanya mencapai 30 meter dengan kecepatan 100 meter per detik atau 360 kilometer per jam.

Saat itu Aceh dan sebagian Sumatera dilanda gempa berkekuatan 9,3 di dasar Samudera Hindia yang telah menyebabkan kerusakan sangat serius serta mengakibatkan lebih dari 230.000 orang meninggal.

Peneliti postdoctoral di University of Cambridge yang sekaligus Penulis utama Pepen Supendi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menjelaskan penyebab potensi tsunami besar di selatan Jawa dan barat daya Sumatera.

Baca Juga: BMKG: 10 Hari Kedepan, Waspadai Sambaran Petir di Seluruh Wilayah NTT, Apabila Hujan Matikan Alat Elektronik

Menurut Pepen, terkait tingkat kegempaan yang tinggi di dalam dan sekitar Jawa Barat dan Sumatera merupakan akibat dari pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempeng Sunda.

“Peristiwa megathrust besar yang terkait dengan proses ini kemungkinan besar menimbulkan bahaya gempa bumi dan tsunami besar bagi masyarakat sekitar,” kata Pepen dalam jurnal Natural Hazard seperti dikutip Rajawalinews.id Rabu 24 November 2022.

Halaman:

Editor: Gregorius Luan

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X