Status Tersangka Dinilai Tak Sah, Kuasa Hukum Ira Ua Minta Kliennya Dibebaskan

- Jumat, 13 Mei 2022 | 09:24 WIB
Kuasa Hukum Ira Ua Minta Kliennya dibebaskan sebab  status tersangka oleh penyidik tak sah (Tangkapan layar)
Kuasa Hukum Ira Ua Minta Kliennya dibebaskan sebab status tersangka oleh penyidik tak sah (Tangkapan layar)

Rajawalinews - Kuasa Hukum tersangka Ira Ua mengatakan bahwa penetapan status tersangka terhadap kliennya tidak sah dan tidak berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Hal ini disampaikan kuasa hukum Ira Ua, Yance Mesah Tobias, saat sidang Pra Peradilan terkait penetapan Ira Ua sebagai tersangka di Pengadilan Negeri Kupang,  Kamis 12 Mei 2022.

Baca Juga: Demokrat NTT: Pengabdiannya Sebagai DPRD dan Kader Partai Hingga Ajal Menjemput

Yance Tobias mengatakan bahwa berdasarkan fakta dan alasan yuridis maka ia meminta Hakim membebaskan kliennya Ira Ua.

"Serta menyatakan hukum bahwa penetapan tersangka atas diri pemohon yang dilakukan oleh termohon adalah tidak sah dan batal demi hukum,"ujar Yance Tobias kepada Wartawan usai sidang.

Baca Juga: Kabar Duka, Anselmus Tallo, Salah Satu Kader Terbaik Belu Tutup Usia

Selengkapnya dalam sidang, melalui kuasa hukumnya, Yance Mesah Tobias dan Benny Taopan, pemohon (Ira Ua) memohon kepada ketua pengadilan negeri berkenan menjatuhkan putusan yang amarnya yakni:

Pertama,  mengabulkan permohonan Pra Peradilan pemohon untuk seluruhnya.

Kedua, penetapan pemohon (Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira) sebagai tersangka sebagaimana surat penetapan tersangka adalah tidak sah dan tidak berdasarkan hukum karenanya tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

Ketiga, Menyatakan hukum bahwa segala hasil penyidikan yang dilakukan oleh termohon (Penyidik Polda NTT) terhadap pemohon terkait dugaan tindak pidana pembunuhan berencana atau pembunuhan biasa atau pembunuhan anak adalah tidak sah dan tidak berdasarkan hukum karenanya tidak mempunyai kekuatan hukum yang menetap.

Halaman:

Editor: Januarius Pareira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X